Kamis, 26 April 2012

Menteri Kesehatan Mengundurkan Diri dari Kabinet

JAKARTA, KOMPAS.com - Endang Rahayu Sedyaningsih mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Kesehatan RI. Hal ini diungkapkan Endang pada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, saat Presiden menjenguknya di RS Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2012).
Endang, saat ini dirawat di rumah sakit karena mengidap kanker paru-paru. Ia dirawat sejak 20 April lalu. "Kami berkomunikasi di dalam. Beliau dalam masa pengobatan yang cukup intensifI. Bu Endang juga secara resmi memintakan pengunduran diri beliau kepada saya," ujar Presiden usai menjenguk Endang bersama Ibu Negara, Ani Yudhoyono.
Pengunduran diri diminta Endang agar ia dapat berkonsentrasi untuk menjalani pengobatan secara maksimal. Presiden tak dapat menyembunyikan kesedihannya mengetahui permintaan Endang tersebut. Menurutnya, Endang selama ini sudah bekerja dengan baik dalam menjalankan Kementerian Kesehatan.
"Saya terharu. Selama jadi Menkes, Ibu Endang bekerja siang dan malam. All out. Beliau sakit, tetapi tidak mengurangi semangat kerja," tutur Yudhoyono.
Endang diangkat menjadi Menteri Kesehatan dalam Kabinet Indonesia Bersatu II pada Oktober 2009 lalu. Penunjukan menteri kelahiran Jakarta 1 Februari 1955 oleh Presiden SBY itu cukup mengejutkan karena diumumkan di saat-saat terakhir.
Endang menyisihkan Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Jakarta bersama dengan para kandidat menteri lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar